6 Cara Menghentikan Diare dengan Cepat, Bisa Dilakukan di Rumah Loh

Cara menghentikan diare dengan cepat- Menikmati jajanan di pinggir jalan memang menggoda, tetapi kita perlu berpikir lebih matang sebelum memutuskan untuk membelinya. Sebab, seringkali mengonsumsi makanan di tempat yang kurang bersih dapat berujung pada risiko terkena diare. Oleh karena itu, langkah preventif sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan kita.
cara menghentikan diare dengan cepat
Ternyata, diare bukanlah masalah sepele. Selain bisa mengganggu aktivitas harian, diare juga dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Pengidap diare rentan mengalami dehidrasi karena sudah banyak kehilangan cairan tubuh. Jika hal demikian terjadi, bagaimana cara menghentikan diare dengan cepat?Yuk, simak ulasan berikut ini:

Cara Menghentikan Diare dengan Cepat Agar Bisa Sembuh

Terdapat 6 langkah mudah yang dapat membantu menghentikan diare anda tanpa menimbulkan risiko kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Minum Obat Anti Diare

Cara menghentikan diare dengan cepat adalah mengkonsumsi obat anti diare atau orang desa menyebutnya obat anti mencret. Nah diantara contoh obat anti diare seperti loperamide, entrostop, dll.

Loperamide sendiri merupakan obat antidiare buat meredakan gejalanya dengan cara mengurangi frekuensi dan volume tinja. Obat anti mencret ini bekerja dengan cara mengurangi gerakan otot usus, sehingga mengurangi keinginan untuk buang air besar.

Terdapat hal yang perlu Anda ingat bahwa obat mencret yang satu ini memang bisa cepat menghentikan diare. Namun, obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak dibawah 2 tahun.

2. Konsumsi Yogurt

Minuman yagurt merupakan salah satu cara menghentikan diare dengan cepat, hal Ini karena Yogurt mengandung
Probiotik, kandungan probiotik diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi gejala diare.

Ada beberapa jenis yogurt bisa digunakan untuk menghentikan diare seperti yogurt dengan Lactobacillus acidophilus atau Bifidobacterium. Untuk mendapatkan ini anda dapat mencari obat diare di indomart atau di apotik terdekat.

3. Teh Hitam 

Salah satu cara menghentikan diare dengan cepat adalah minum teh hitam.
Dikutip dari jawapos,com teh hitam lebih-lebih yang kental jika diberikan kepada sipenderita diare terutama anak-anak dapat mengurangi penyakit tersebut. Hal ini dibenarkan oleh Ibu Ratna Somantri selaku pakar teh Indonesia.

Secara umum teh mengandung tanin sehingga dapat membantu mengatasi inflamasi, menenangkan sistem pencernaan dan bisa mengurangi sakit perut akibat diare. Lalu teh hitam Sariwangi, gimana? Apakah minuman ini bisa untuk mengatasi diare juga? Ini perlu penelitian lebih lanjut.

4. Komsunsi Serat Larut

Serat larut adalah jenis serat bisa larut dalam air. Serat ini diketahui dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, juga membantu menghentikan diare.

Makanan yang banyak kandungan serat larut seperti beras merah, jeruk, kacang polong, apel, dan wortel menjadi salah satu cara menghentikan diare dengan cepat.

5. Air Rebusan Daun Jambu Biji

Cara mengatasi diare dengan cepat dan alami adalah komsumsi air rebusan daun jambu biji. Karena daun jambu biji memiliki sifat antidiare dan antiinflamasi. sehingga efektif dijadikan sebagai obat anti diare.

Daun Jambu biji mengandung senyawa aktif yang dapat menghambat pertumbuhan virus dan bakteri, kedua hal ini adalah penyebab terjadinya diare.

6. Air Rebusan Daun Delima

Air rebusan daun delima merupakan salah satu cara menghentikan diare dengan cepat. Karena air rebusan daun satu ini memiliki kandungan tanin dan anti inflamasi yang bisa mengurangi pengeluaran tinja yang berlebihan dan dapat mengencangkan otot-otot usus.
Nah, bagi anda yang selama ini mencari diare obatnya apa?Air rebusan delima adalah salah satu jawabannya.

Lalu Bagaimana cara membuat air rebusan daun delima sebagai obat anti mencret?

Untuk mengetahui caranya simak langkah-langkah berikut ini:
  1. Ambil sekitar 3-7 lembar daun delima muda masih segar.
  2. Cuci daun delima hingga bersih.
  3. Kemudian rebus dengan segelas air hingga mendidih.
  4. Matikan api, diamkan selama 10 menit.
  5. Saring air rebusan dan minum selagi masih hangat.
  6. Minum sebanyak 2-3 kali sehari smapai diare berhenti
Ini merupakan salah satu cara mengatasi diare dirumah dengan obat Alami.

Demikian ulasan mengenai cara menghentikan diare  dengan cepat yang bisa anda coba, selain cara yang sudah dijelaskan di atas, terdapat suatu hal yang perlu anda lakukan yaitu mengubah kebiasaan buruk seperti makan tidak cuci tangan terlebih dahulu, suka jajan makanan tidak steril, dll.

Jadi, agar terhindar dari diare, lakukan kebiasaan baik sekarang juga ya! Semoga artikel cara menghentikan diare dengan cepat kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "6 Cara Menghentikan Diare dengan Cepat, Bisa Dilakukan di Rumah Loh"