9 Larangan Makanan Untuk Penderita Kudis Atau Skabies yang Wajib Dipatuhi

Scabies atau kudis adalah penyakit kulit yang ditandai dengan benjolan-benjolan merah kecil dibadan dan muncul rasa gatal, makin digaruk semakin nikmat, itulah dia.


Penyakit kudis adalah penyakit yang sangat cepat menjalar ke bagian kulit yang lain ditubuh, bahkan sipenderita kudis atau scabies ini bila bersentuhan kulitnya dengan kulit orang lain, maka merekapun akan ikut mengalami hal yang sama juga.

pantangan makanan penderita kudis

Bagaimana menghilangkan kudis? 

Nah, Bagi anda yang sudah sedang mengalami penyakit kulit gatal ini, Agar kudis atau alergi kulit tersebut bisa sembuh total, disamping berobat rutin kedokter, anda harus mematuhi beberapa larangan makanan untuk dikonsumsi.

Berikut adalah 9 larangan makanan untuk penderita penyakit kudis (scabies) agar kulit gatal cepat sembuh:

1. Hindari Makan Mie Instan

 Apakah mie instan bikin gatal? Didaerah kita makan mie adalah sebuah alternatif sebagai pengganti Nasi, karena mie dikenal dengan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, lemak dan lebih-lebih kandungan MSG (monosodiom glutamat) yang terdapat dalam bumbu mie instan, hal inilah yang bisa menyebabkan kudis meningkat

Untuk anda yang sedang bermasalah dengan kulit (gatal), sebaiknya hindari dulu mengonsumsi mie instan ini. kalau tidak, percuma kan anda berobat ke apotik mahal-mahal tapi makanan yang perlu dihindari malah semakin doyan dinikmati. Akibatnya kulit gatal/scabies yang sedang anda alami akan semakin memperparah hingga menjalar keseluruh tubuh bahkan sampai ke buah zakar. Nger1 kan?

2. Hindari Mengonsumsi Udang
Udang adalah makanan lezat yang memiliki zat protein yang tinggi, karena itu bagi orang yang mengalami alergi saat memakan udang lebih lebih anda yang sedang mengalami penyakit scabies atau kulit gatal wajib untuk tidak mengonsumsi udang, hal ini karena antibodi didalam tubuh akan beraksi secara berlebihan.

Sebagaimana dijelaskan oleh direktur medis, Mayo Clinic Organization, Sandhya Pruthi, MD, beliau mengatakan bahwa saat terjadi alergi pada tubuh. maka, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan reaksi secara berlebihan Dan saat itu tubuh mengira protein udang tersebut adalah zat yang beracun sehingga tubuh secara spontan memproduksi antibodi sebagai bentuk penolakan, pada saat itupula tubuh akan mengeluarkan zat kimia histamin yang menyebabkan adanya alergi dikulit dan

3. Hindari Daging Ayam
 Daging ayam adalah makanan yang kaya akan lemak, mineral serta protein. Tetapi tidak semua orang boleh menerima asupan protein tersebut. Anda yang sedang mengalami alergi kulit gatal atau scabies misalnya, ini merupakan sebuah pantangan. Karena Kandungan zat protein dalam daging ayam membuat sistem imun tubuh akan bereaksi secara berlebihan, Sistem imun akan memproduksi antibodi yang disebut immunoglobulin E. Antobody E ini ber tujuan untuk melawan protein yg bisa memicu alergi kulit.

Jadi Aktivitas dari perlawanan antibodi E ini lah yang akan memperparah pada reaksi alergi kulit anda. Nah, Cara menghilangkan kudis secara permanen adalah hindari konsumsi makan daging ayam ya, disamping serius dan rutin berobat ke dokter.

4. Hindari Makan Ikan Tongkol
 Ikan tongkol adalah ikan yang kaya akan lemak dan protein, yang protein ini sangat baik untuk tubuh kita, akan tetapi tahukah anda bahwa tidak semua orang boleh secara bebas mengonsumsi ikan tongkol ini, misal anda yang memiliki riwayat atau sedang mengalami alergi kulit gatal.

 Alergi merupakan keadaan peka yang berlebih terhadap suatu zat, jadi pada orang yang sedang mengalami kudis/scabies. Maka senyawa yang masuk kedalam tubuh dianggap sebagai benda asing dan akan memberikan reaksi secara berlebihan. Ikan tongkol adalah makanan yang mengandung protein tinggi sehingga sangat cepat menyebabkan elergen (reaksi elergi) pada kulit tubuh.

5. Jangan Konsumsi Buah Nanas
 Nanas atau Ananas comosus adalah sejenis tumbuhan yang tumbuh di daerah yang beriklim tropis seperti di daerah kita, Kesegaran buah yang berasal dari negara Brazil dan Paraguay ini ternyata tidak boleh semua orang untuk dapat mengonsumsinya lho, anda yang sedang merobat dari penyakit kudis misalnya, pantangan dari mengonsumsi buah nanas adalah sebuah keharusan agar alergi kulit alias kudisnya bisa cepat sembuh

Kenapa buah nanas bisa memperparah penyakit kudis?
Hal ini karena buah nanas adalah buah yang mengandung zat alergen (reaksi alergi) yang dapat dengan mudah mebuat reaksi alergi pada kulit. Jadi, selama dalam masa berobat, alangkah baiknya anda jangan dulu mengonsumsi buah yang satu ini ya.

6. Kurangi Komsumsi Telor
 Telor adalah salah satu makanan dan sumber protein selain daging dan ikan. mengonsumsi telor secara rutin khususnya bagi orang-orang yang ingin badannya cepat borotot adalah sangat baik. Tetapi hal ini tidak untuk anda yang sedang alami alergi kulit gatal (gatal alergi telor) atau penyakit skabies. Kenapa makan telur adalah pantangan untuk anda yang sedang mengalami kulit gatal?

Hal ini tentu saja karena protein yang ada dalam telor direspon secara keliru oleh sistem kekebalan tubuh anda yang dianggapnya sebagai bentuk ancaman. Dan akibatnya adalah tubuh anda memberikan sebuah reaksi berupa pelepasan zat histamin ke dalam darah dan menimbulkan gejala alergi gatal.

7. Hindari Minum Susu
 Satu hal lagi yang perlu anda pantangin saat sedang alami alergi kulit gatal adalah minum dan makan produk dari olahan susu. Ini juga dikarenakan protein yang terkandung dalam susu dianggap sebagai zat berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh akan memproduksi antibodi immunoglobin E sebagai bentuk menetralisir alergen. Karena proses inilah akan menghasilkan pelepasan zat kimia seperti histamin yang kemudian muncullah alergi gatal atau kudis pada kulit meningkat.

8. Makan Kacang
Kacang merupakan sumber protein yang sangat berguna untuk tubuh, Meskipun demikian, anda tetap harus hindari komsumsi kacang selama masih dalam pengobatan skabies yang sedang anda alami. Karena Alergi Kacang sama seperti yang terjadi pada Susu dan produk olahannya yaitu pelepasan dari zat histamin melalui pembuluh darah

9. Hindari Minum Kopi Sachet
Ini mungkin akan sedikit terasa aneh lebih-lebih anda pecinta kopi sachet seperti Cappuccino, coffeemix dll. Tapi untuk anda yang sedang alami riwayat kudis atau scabies, minum kopi sachet pun perlu dihindari untuk sementara waktu.

Hal ini karena respon dari sistem kekebalan tubuh anda yang menganggap senyawa dalam kopi sebagai jenis bakteri yang perlu dilawan. Sehingga tubuh akan melepaskan zat histamin(senyawa pelingdung) untuk menghancurkan kafein kopi.

Demikianlah larangan makanan penderita kudis yang harus dipatuhi. Agar kulit gatal skabies tersebut bisa sembuh dengan sendirinya. Semoga artikel ini bermanfaat, Terimakasih.

Posting Komentar untuk "9 Larangan Makanan Untuk Penderita Kudis Atau Skabies yang Wajib Dipatuhi"