7 Langkah Ideal Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Wajib Anda Tau

Creativebigs.com -Dalam menjalani aktifitas sehari-hari kita sering kali melupakan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Padahal menjaga kesehatan anggota tubuh satu ini perlu sama seperti halnya menjaga kesehatan lainnya. Karena jika tidak dijaga dengan baik, nantinya bukan hanya gigi tetapi masalah kesehatan lainnyapun akan menghantui seperti penyakit Alzheimer, Ini semua diakibatkan oleh bakteri Pg (Porphyromonas gingivalis) yang bisa menyebar masuk ke aliran darah dari kesehatan gigi dan mulut bermasalah

Oleh karena itu, penting kesehatan gigi dan mulut untuk anda perhatikan. Nah, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut ini? Yuk Simak ulasan berikut.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

 Sebagaimana dikutip dari dinkes.banjarkota,go,id ada 7 langkah ideal pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.
cara menjaga kesehatan gigi

1. Sikat Gigi Minimal Dua Kali Sehari

Pertama tips menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah sikat gigi minimal dua kali sehari. Perbuatan yang seharusnya menjadi kebiasaan harian setiap orang, Pilihan waktu yang tepat adalah setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Setelah sarapan, sikat gigi membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi, mencegah pembentukan plak, dan memberikan kelembutan pada mulut. Kebiasaan ini tidak hanya memberikan kesegaran napas, tetapi juga melindungi gigi dari kerusakan.

2. Gunakan Sikat Gigi dengan Bulu Sikat yang Lembut

Pentingya menjaga kesehatan gigi dan mulut bukan hanya soal gosok gigi dua kali sehari. Jenis sikat gigi yang kamu gunakan juga perlu diperhatikan. Gunakan sikat gigi bulu halus dan lembut adalah pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Mungkin anda bertanya, mengapa kita harus menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu halus? Karena sikat gigi bulu lembut membantu membersihkan gigi secara merata tanpa melukai gusi. Sikat seperti ini aman untuk orang gigi sensitif dan mudah berdarah. Selain itu, bulu sikat halus lebih mudah menjangkau area yang sulit dibersihkan, seperti sela-sela gigi dan area di belakang gigi.

3. Sikat Gigi dengan Cara yang Benar

Menyikat gigi dengan cara yang benar merupakan salah satu cara menjaga kesehatan gigi anda. Cara yang benar dalam menyikat gigi dapat membuat perbedaan besar dalam mencegah masalah gigi seperti gigi berlubang dan gusi berdarah.
Nah, bagaimana caranya? Pertama, pilihlah sikat gigi berbulu lembut. 

Sikat gigi lembut sangat disarankan untuk menghindari kerusakan pada enamel gigi. Setelah itu perhatikan cara menyikat berikut ini:
  1. Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride agar memberikan perlindungan tambahan
  2. Lakukan gerakan melingkar tekan lembut selama 20 detik dimulai gigi depan, gosok gigi selama 2 menit
  3. Bersihkan permukaan lidah maju mundur dan langit-langit mulut 2-3 kali

4. Mengganti Sikat Gigi Setiap 3 Bulan

Dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut kita seringkali mengabaikan hal kecil seperti mengganti sikat gigi secara teratur. Sikat gigi yang sudah dipakai lama biasanya dapat menjadi sarang bakteri dan menyebabkan masalah serius pada gigi. Karena itu, mengganti sikat setiap 3 bulan perlu anda lakukan.

5. Menjaga Kesehatan Gigi Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Salah satu alasan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dari mengkonsumsi makanan manis adalah untuk menjaga kekuatan dan kebersihan gigi. Gula dalam makanan manis dapat menjadi pemicu utama kerusakan gigi dan pembentukan plak. Oleh karena itu, mengurangi asupan makanan manis seperti cokelat, permen dan minuman bersoda dapat membantu mencegah masalah gigi.

6. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur untuk Kesehatan Gigi

Agar gigi tetap sehat, konsumsilah buah dan sayur. Buah bukan hanya menyegarkan, tetapi juga sebagai tips menjaga kesehatan gigi. Buah-buahan seperti apel dan pir memiliki kandungan serat yang dapat membantu membersihkan sisa makanan di gigi dan merangsang produksi air liur, yang berperan melawan asam yang dapat merusak enamel gigi. Disamping itu, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli mengandung kalsium, vitamin K, dan antioksidan yang dapat memperkuat gigi dan gusi. Dengan rutin mengonsumsi beragam buah dan sayur, Anda tidak hanya memberikan keleluasaan bagi gigi untuk tetap kuat, tetapi juga memberikan nutrisi penting bagi kesehatan mulut secara keseluruhan.

7. Untuk Menjaga Kesehatan Gigi, Periksa Rutin ke Dokter Gigi Setiap 6 Bulan Sekali

Memiliki gigi yang sehat adalah dambaan setiap orang. Tak hanya meningkatkan rasa percaya diri, kesehatan gigi dan mulut juga erat kaitannya dengan kesehatan tubuh lainnya.

Salah satu langkah penting gigi tetap sehat adalah dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis gigi secara rutin, minimal setiap 6 bulan sekali. Tujuannya untuk membantu ngecek dan menangani masalah gigi dan mulut sejak dini, sehingga mencegah komplikasi yang lebih serius di kemudian hari.

Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan pada gigi dan mulut Anda, seperti:
  • Pemeriksaan gigi berlubang
  • Penumpukan karang gigi
  • Kondisi gusi
  • Karies gigi
  • Kelainan pada rahang dan mulut
Demikianlah 

Belum ada Komentar untuk "7 Langkah Ideal Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Wajib Anda Tau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel