Jumat, 22 November 2019

Cara Menata Dapur Sempit Sederhana Agar Kesannya Luas dan Memikat Hati

Jika Anda tinggal di lingkungan yang sempit, penuh sesak serta mengalami keterbatasan lahan. Namun, Anda ingin rumah Anda tetap memiliki ruang dapur yang indah walaupun kecil, agar terlihat rapi serta memikat hati? 


Maka cara mengatasinya adalah menata ruangan rumah Anda menjadi serba minimalis.
dapur kecil dan rapi

Berikut beberapa trik dan tips cara menata dapur sempit sederhana, tapi tetap terkesan rapi dan lengkap tentunya.

Simpan Alat Dapur yang Dibutuhkan Saja

Karena terbatasnya lahan maka agar tidak terasa sempit dan berantakan, Anda perlu menyimpan alat dapur yang benar-benar Anda gunakan dan butuhkan saja. Meskipun Anda menggunakan dapur setiap hari Anda akan tetap merasa nyaman jika tidak terlalu banyak barang yang berada di dapur.

Caranya, Anda perlu menyingkirkan tempat-tempat makanan yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan. Seringkali yang membuat dapur lebih cepat berantakan adalah ketika Anda sedang terburu-buru mengambil tempat makan atau alat lain yang keberadaannya bertumpuk-tumpuk, sehingga mengambil salah satu tempat saja membuat yang lainnya berantakan.

Anda harus menyingkirkan tempat makan yang tutupnya sudah hilang, warnanya sudah pudar. Karena sebenarnya Anda hanya membutuhkan paling banyak 10 tempat makan saja atau bahkan bisa kurang. Selain tempat makanan, Anda juga harus memperhitungkan jumlah piring, gelas, sendok atau bahkan pisau. Semuanya diperhitungkan sesuai jumlah anggota keluarga saja.

Sediakan Rak atau Laci Untuk menyimpan Bumbu

Selain peralatan dapur, bumbu-bumbu juga penting keberadaannya. Karena tanpa adanya bumbu maka masakan Anda akan terasa hambar. Karena banyaknya jenis bumbu maka untuk menghemat tempat Anda bisa menyimpannya di rak ataupun laci khusus.

Jika sudah di tata di rak atau laci khusus yang sekiranya mudah untuk dijangkau maka ketika Anda telah selesai memasak sebaiknya  kembalikan semuanya ke tempat semula agar Anda tidak perlu menata ulang semuanya.

Lemari Peralatan Masak

Peralatan masak berupa wajan, panci, cobek dan alat lainnya adalah yang paling banyak membutuhkan banyak tempat. Untuk meminimalisir hal itu sebaiknya simpanlah semua alat masak ini di sebuah lemari sehingga tidak tercecer kemana-mana.

Singkirkan Buku Resep

Jika Anda sangat gemar mengoleksi buku resep sebagai referensi ketika Anda ingin memasak sesuatu, maka untuk menciptakan dapur yang sederhana dan tidak berantakan.
Anda perlu menyingkirkan buku-buku resep yang Anda miliki, dan mulailah menggantinya dengan resep digital yang dapat dengan mudah didapatkan melalui smartphone.

Semoga tips dan trik di atas dapat membantu Anda dalam menata ruang dapur yang kecil dan sederhana tetap terkesan rapi walau peralatan dapurnya banyak dan semua yang Anda butuhkan tetap tersedia. Teruslah berinovasi dan jangan takut untuk mencoba. Semoga bermanfaat

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya