Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Menghilangkannya

Dikarenakan penyebab gatal diselangkangan yang sedang kamu alami seringkali membuat kamu tidak nyaman, ya kan? Karena itu temukan penyebab dan solusi bagaimana cara mengatasi masalah gatal pada kulit yang satu ini.
Penyebab gatal diselangkangan
Dari penyebab gatal diselangkangan ini bukan hanya membuatmu tidak nyaman aja, tetapi juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Lebih-lebih saat kamu sedang berada ditempat umum terpaksa kan harus menggaruk gatal pada kulit walau secara diam-diam. ;)

Karena itu, penting untuk mengetahui penyebab gatal diselangkangan supaya kamu tau bagaimana mencegahnya dan sikap konyol diatas tidak terjadi.
Nah, apa saja penyebab gatal diselangkangan ini? Serta bagaimana cara mengatasi gatal-gatal diselangkangan? Yuk, mari simak ulasan dibawah ini.

Penyebab Gatal Pada Kulit Selangkangan dan Cara Mencegahnya

Gatal kulit selangkangan tidak selalu disebabkan oleh infeksi menular s3ksual seperti herpes. Akan tetapi bisa saja dari hal-hal lain. Menurut sebuah penelitian sebagaimana dikutip dari American Academy of Dermatology Association dan beberapa sumber lain. Ada 8 penyebab gatal kulit selangkangan umumnya kebanyakan orang alami. Diantaranya adalah:

1. Penyakit Scabies

Skabies adalah keadaan dimana gata-gatal pada kulit disebabkan galian tungau di kulit sipenderita terutama saat malam hari

Skabies ini bukan hanya menyerang sela-sela jari tangan atau kaki, selangkanganpun menjadi gatal akibat galian tungau ini.

Cara Mengatasi Penyebab Gatal Diselangkangan Akibat Scabies

Cuci pakaian dan seprei dengan air panas karena air panas dapat membunuh tungau dan telurnya.
Menjaga makanan pantangan penderita skabies karena siapa tau kamu sedang gatal alergi makanan tersebut.

2. Selangkangan Terinfeksi Jamur

Jamur merupakan salah satu sebab gatal diselangkangan yang dialami oleh umumnya orang, baik itu wanita maupun laki-laki. Infeksi jamur atau disebut juga tinea cruris merupakan infeksi kulit terjadi di area paha bagian dalam. Ia jika tidak segera di obati biasanya kulit gatal akan meluas.
Lalu, bagaimana cara menghilangkan rasa gatal pada kulit akibat infeksi jamur selangkangan? Salah satunya cara adalah gunakan bedak anti jamur. Ya, karena bedak anti jamur biasanya mengandung zat seperti clotrimazole atau miconazole. Zat-zat ini sangat efektif mengatasi infeksi jamur yang bisa menyebabkan gatal di area selangkangan.

Tapi sebelum memakainya, anda bersihkan dulu dengan air hangat atau sabun pada area yang terkena infeksi ya?

3. Reaksi Alergi atau Iritasi

Iritasi seringkali menjadi penyebab umum gatal kulit pada area selangkangan, baik pada wanita, pria, maupun anak-anak. Wanita cenderung lebih rentan akan hal ini, terutama terhadap produk seperti pembersih v4gina, semprotan kebersihan kewanitaan, dan panty liner beraroma. Namun, tidak hanya itu, berbagai produk seperti sabun wangi, tisu basah, dan pakaian dalam juga dapat menyebabkan reaksi iritasi ini.
Lalu bagaimana cara mengobatinya?
  • Cuci menggunakan sabun atau air hangat di area selangkangan, kemudian lab dengan handuk secara lembut, jangan sampai digaruk-garuk lagi ya? ;)
  • Oleskan salep kulit gatal terutama yang mengandung hydrocortisone atau calamine.

4. Adanya Cacing Kremi

Penyebab gatal diselangkangan bisa saja ditimbulkan oleh cacing kremi, ia dapat menimbulkan gejala berupa sangat gatal di sekitar anus, terutama saat malam hari.

Cacing kremi, sebagai parasit, memerlukan keberadaan di dalam usus manusia untuk bertahan hidup.

Ketika betina cacing kremi hendak bertelur, mereka bermigrasi ke rektum individu, seringkali melakukan deposisi telur saat orang tersebut tertidur.

Ketika cacing kremi ini muncul didalam rektum maka terasa sangat gatal pada kulit, hal inilah sering kali mengganggu tidur kamu.

Menggaruk bagian yang gatal dapat menyebabkan cacing kremi dan telurnya menempel pada tangan terutama di bawah kuku. Penularan dapat terjadi jika tangan yang terkontaminasi menyentuh permukaan lain sebelum dicuci. Jika hal seperti itu terjadi, solusinya bagaiman?

Cara mencegah gatal selangkangan akibat cacing krime

  • Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir
  • Cuci pakaian dalam menggunakan air hangat
  • Jemurkan pakaian dibawah sinar matahari
  • Hindari bertukaran handuk agar cacing kremi menular tidak pindah ke orang lain.
  • Konsultasi ke dokter kulit agar mendapatkan penanganan serius.

5. Penyebab Gatal Selangkangan Karena Kanker kulit

Kanker bisa saja muncul di area genital, seperti vulva, penis, skrotum, area antara skrotum (atau v4gina) dan anus, serta dubur. Salah satu tanda kanker kulit di sana adalah rasa gatal yang persisten, disertai gejala lain seperti nyeri, benjolan, pendarahan, atau keluarnya cairan. Jika kamu mengalami hal seperti ini, maka segera konsultasi ke dokter spesialis agar penanganan gatal diselangkangan akibat kanker kulit tertangani secara optimal. Karena nanti dokter dapat meresepkan terapi yang mencakup penggunaan krim atau salep khusus untuk meredakan rasa gatal pada kulit. Selain itu, pengobatan kanker kulit itu sendiri seperti terapi radiasi, kemoterapi, atau pembedahan juga dapat membantu mengurangi gejala.

6. Kulit Selangkangan Gatal Akibat Liken Planus

Liken planus merupakan suatu kondisi dimana umumnya terjadi ruam berupa benjolan kecil dan rasa gatal di kulit. Jika muncul di daerah genital, bertanda bercak gatal gatal merah pada kulit dan kasar agak terasa terbakar. Wilayah genital yang dapat terkena diantaranya v4gina, vulva, pen!s, dan dubur. Jika kamu mengalami hal seperti ini, bagaimana cara mengobati nya? Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Gunakan krim atau salep diapotek terdekat
  2. Jaga kebersihan selangkangan
  3. Jangan menggaruk area gatal
  4. Menggunakan pakaian yang longgar
  5. Konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih serius

7. Lichen sklerosis

Lichen sklerosis adalah kondisi yang dapat menyebabkan bercak putih menebal pada area seperti alat kelamin wanita, dubur, dan pen!s. Gejala yang mungkin muncul termasuk rasa perih dan gatal. Kondisi ini cenderung lebih umum terjadi pada anak perempuan sebelum menstruasi dan wanita pascamenopause karena berkaitan dengan kadar estrogen rendah. Meskipun demikian, lichen sklerosis juga bisa juga terjadi pada anak laki-laki.

Posting Komentar untuk "Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Menghilangkannya"