Sabtu, 09 November 2019

Mengenal Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara menghindarinya

Rasa gatal merupakan hal yang sangat mengganggu aktivitas. Apalagi rasa gatal itu timbul di bagian selangkangan. Tentu saja Anda tidak mungkin menggaruknya kan? Hal tersebut sangat memalukan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Biasanya, gatal di bagian selangkangan diderita oleh kaum pria. Namun, tidak menutup kemungkinan kaum wanita juga bisa mengalaminya.

gatal dibagian selangkangan

Apa Penyebab Gatal diselangkangan? 

Penyebab utama yang memicu timbulnya gatal di selangkangan adalah kurang menjaga kebersihan. Namun selain hal tersebut juga terdapat berbagai faktor lain yang memicu timbulnya gatal di bagian selangkang tersebut seperti:

1. Jamur

Jamur penyebab gatal diselangkangan yang kerap sekali timbul. Terdapat berbagai jenis jamur yang bisa menyebabkan gatal seperti misalnya jamur ragi dan jamur kurap. Apabila jamur tersebut tidak diobati secara benar, biasanya rasa gatal yang terdapat di selangkangan akan meluas.
Cara mengatasi gatal akibat infeksi jamur, anda bisa menggunakan bedak anti jamur yang dijual ditoko obat atau di apotik, Tapi sebelum menggunakannya anda bersihkan terlebih dahulu area yang terkena infeksi dengan air hangat atau sabun, ya?

2. Iritasi 

Kebiasaan penyebab gatal diselangkangan adalah karena iritasi. Ya, iritasi ini bisa timbul akibat gesekan celana dalam dan juga kelembaban area selangkangan. Untuk mengatasinya, setelah buang air kecil atau buang air besar sebaiknya di lap terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar mengurangi tingkat kelembaban di area selangkangan.

3. Menggunakan Pakaian Orang Lain Secara Bergantian

Untuk Anda yang memiliki kebiasaan meminjam pakaian, atau handuk teman, sebaiknya kebiasaan tersebut dihentikan mulai saat ini. Sebab, dalam pakaian yang sudah digunakan oleh  teman pasti terdapat bakteri yang menempel. Kemudian, bakteri tersebut akan menempel pada tubuh Anda dan menyebabkan gatal.

4. Menggunakan Pakaian Ketat

Menggunakan pakaian yang terlalu ketat juga merupakan salah satu faktor penyebab gatal, hal ini dikarenakan, pakaian yang terlalu ketat akan menghambat saluran udara, sehingga area selangkangan akan menjadi lembab dan timbul rasa gatal.

5. Obesitas

Hal yang bisa mempengaruhi gatal adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Ya, obesitas bisa memicu timbulnya gatal di area selangkangan karena biasanya orang yang cenderung memiliki berat badan berlebih akan memproduksi kelenjar keringat lebih banyak. Hal tersebut bisa melembabkan area selangkangan dan timbul rasa gatal.

Gatal merupakan hal yang wajar diderita oleh seseorang. Namun, jika gatal di selangkangan akan menjadi sesuatu yang sangat mengganggu. Jadi, Anda harus menghindari beberapa kebiasaan buruk seperti suka meminjam celana dan handuk teman, kurang menjaga kebersihan dan lain-lain. Dengan mengubah kebiasaan tersebut, rasa gatal pun bisa dihindari.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya