Jumat, 08 November 2019

Menakjubkan! Inilah Berbagai Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Kalian pasti pernah mendengar peribahasa mengatakan bahwa dunia tak selebar daun kelor. Apa itu daun kelor?
Kelor adalah daun yang asal muasalnya dari negara india yang tumbuh sangat cepat dan memiliki ukuran yang kecil. 

gambar daun kelor

Meski ukurannya sangat kecil, namun daun ini memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh. Bahkan banyak para ilmuwan yang menyebut daun ini sebagai daun ajaib.

Daun kelor memiliki bentuk lonjong dengan ukuran yang kecil dan tersusun rapi di area ranting pohon. Biasanya daun ini dimasak sebagai sayur untuk ramuan dan pengobatan tradisional. Sebenarnya pengobatan menggunakan daun kelor ini sudah ditemukan sejak tahun 1990.

Organisasi kesehatan dunia yaitu WHO sangat menganjurkan agar bayi dan anak-anak selalu mengonsumsi daun kelor saat berada dalam masa pertumbuhannya. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh anak pada daun kelor. Nah, untuk penjelasan selengkapnya tentang kandungan gizi dan apa saja manfaat daun kelor? yuk, simak ulasan berikut.

Kandungan Gizi Daun Kelor

Pottasium
Vitamin C
Vitamin B
Kalsium
Vitamin A
Protein.

Apa Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh?

Seringkali daun ini dijadikan sebagai ramuan tradisional, ternyata memang manfaat daun kelor untuk kesehatan benar-benar bukanlah mitos semata. Bahkan peneliti dibidangnya menyebutkan bahwa daun ini bisa memberikan bermacam khasiat bagi kesehatan tubuh kita, seperti:

Dapat Menjaga Berat Badan 

Nah, hal yang paling diresahkan oleh semua orang adalah berat badan yang berlebih. Kini, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan meminum ramuan daun kelor ini. Oleh karena daun kelor kaya akan vitamin, maka proses metabolisme dalam tubuh terjadi secara lancar. Dengan demikian berat badan Anda akan selalu seimbang.

Menghilangkan Flek di Wajah 

Masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah flek hitam. Nah untuk mengatasinya agar kulit wajah sehat kembali, Anda bisa menggunakan masker daun kelor. Caranya sangat mudah lho, Anda hanya perlu menumbuk beberapa daun kelor hingga halus. Kemudian, gunakan sebagai bedak atau bisa juga digunakan bersama bedak.

Dapat Mencukupi Gizi Ibu Menyusui 

Daun kelor mengandung banyak vitamin, protein dan lain-lain. Hal tersebut sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui. Dengan mengonsumsi ramuan daun kelor ini bisa membantu ibu menyusui menghasilkan ASI lebih banyak. Jadi, untuk Anda yang baru saja melahirkan, minumlah ramuan daun kelor ini agar bisa memproduksi ASI lebih banyak.

Bagus untuk Kesehatan Mata

Sama seperti manfaat pepaya yang kaya akan vitamin A, Manfaat daun kelor untuk mata adalah untuk mempertajam penglihatan mata, juga hal ini karena kandungan vitamin A yang terdapat didalam daun kelor baik untuk kesehatan mata,

Terlebih lagi daun kelor juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat  mengurangi gangguan penglihatan

Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat daun kelor bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat menyehatkan pencernaan. Hal ini karena Kandungan vitamin B yang terdapat pada daun ini dapat membantu masalah yang terjadi pada pencernaan, lebih-lebih anda yang sering mengalami maag kambuh, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi daun kelor secara rutin.

Mengurangi Kadar Gula Darah/Diabetes

Dilansir dari draxe.com, Kandungan senyawa asam klorogenat yang ada pada daun kelor terbukti dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah sehingga menjadi normal

Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit serius yang paling ditakuti oleh semua orang, tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan bila sudah mengindap penyakit yang satu ini. padahal untuk mencegahnya tidak perlu biaya mahal, kita cukup memanfaatkan ekstrak daun kelor untuk kanker dan sebagai obat alami. Hal ini karena daun kelor mengandung  niazimicin yaitu senyawa yang menekan tumbuh berkembangnya sel kanker.


Nah, seperti itulah berbagai penjelasan mengenai manfaat daun kelor. Setelah mengetahui kandungan yang terdapat dalam daun kelor, kini Anda tidak perlu ragu lagi saat akan mengonsumsinya. Tenang saja, seperti yang sudah dijelaskan di atas daun ini banyak manfaat. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya. Semoga bermanfaat

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya