Ciri dan Dalil Orang Munafik Dalam Al-Qur'an Serta Tafsirnya

Ciri dan dalil orang munafik dalam Al-Quran dan Hadits- Dalam Islam, baik menurut Quran dan Sunnah terdapat penjelasan yang jelas mengenai ciri-ciri orang munafik. Orang munafik adalah mereka yang menampakkan sikap atau perilaku yang berbeda dengan apa yang sebenarnya mereka sembunyikan.

ciri orang munafik

Islam mengutuk dengan tegas sifat munafik ini karena dianggap tidak jujur dan bertentangan dengan nilai-nilai kejujuran yang dianut dalam agama ini.

Salah satu dalil orang munafik yang diancam keras oleh Allah Ta'ala sebagaimana Firmannya dalam  dalam Surah At-Taubah ayat 68.

وَعَدَ اللّٰهُ الْمُنٰفِقِيْنَ وَالْمُنٰفِقٰتِ وَالْكُفَّارَ نَارَ جَهَنَّمَ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۗ هِيَ حَسْبُهُمْ ۚوَلَعَنَهُمُ اللّٰهُ ۚوَلَهُمْ عَذَابٌ مُّقِيْمٌۙ

Artinya: Allah telah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan serta orang-orang kafir dengan neraka Jahanam. Mereka kekal di dalamnya. Cukuplah (neraka) itu bagi mereka sebagai balasan hukuman. Allah melaknat mereka. Bagi mereka azab yang abadi.

Karena itulah, sebaiknya bagi setiap muslim memahami bagaimana ciri-ciri orang munafik agar bisa menghindari diri dan menghindar darinya. Nah, kira-kira apa saja ciri dan dalil orang munafik tersebut?Berikut ini adalah beberapa dalil telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Ciri-ciri Orang munafik Menurut Hadits

Dalam Islam, orang munafik dianggap sebagai sosok yang tidak jujur dalam perbuatan dan keyakinannya. Sebagaimana secara  tegas dalam hadis menjelaskan tanda-tanda orang munafik itu ada empat cirinya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

أَرْبَعٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ كَانَ مُنَافِقًا خَالِصًا ، وَمَنْ كَانَتْ فِيهِ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيهِ خَصْلَةٌ مِنَ النِّفَاقِ حَتَّى يَدَعَهَا إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ وَإِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا عَاهَدَ غَدَرَ ، وَإِذَا خَاصَمَ فَجَرَ

Artinya: “Ada empat tanda, jika seseorang punya tanda ini, maka ia disebut munafik murni. Jika ia memiliki salah satu dari sifat ini, maka dia punya sifat munafik dalam dirinya sampai dia meninggalkannya, yaitu:

  • Ketika ia diberi amanat, mengkhianati
  • Ketika ia berbicara, berdusta
  • Ketika ia berjanji, mengingkarinya
  • Ketika berselisih, ia menzalimi".

Dalil Orang Munafik dalam Al-Quran Serta Tafsirnya

Pertama, ciri-ciri orang munafik dan dalilnya disebut dalam Al-Qur'an Surat Al-Anfal Ayat 22 berikut penjelasannya:

اِنَّ شَرَّ الدَّوَاۤبِّ عِنْدَ اللّٰهِ الصُّمُّ الْبُكْمُ الَّذِيْنَ لَا يَعْقِلُوْنَ

Artinya: "Sesungguh,nya makhluk yang paling buruk disisi Allah ialah mereka yang tuli dan bisu  yang tidak memikirkan apapun"

Dalam Tafsir At-Thabari QS Al-anfal 22 menjelaskan tentang dalil orang munfik ini beliau berkata:

قال أبو جعفر : يقول تعالى ذكره : إن شر ما دب على الأرض من خلق الله عند الله ، الذين يصمون عن الحق لئلا يستمعوه ، فيعتبروا به ويتعظوا به ، وينكصون عنه إن نطقوا به ، الذين لا يعقلون عن الله أمره ونهيه ، فيستعملوا بهما أبدانهم

Seburuk buruknya makhluq adalah orang-orang yang tuli akan kebenaran, mereka mendengar namun tidak mengambil pelajaran darinya, acuh tak tak acuh dan gak mau menghiraukan, seakan mereka tuli

Kedua, ciri dan dalil orang munafik juga dijelaskan dalam surah Al Munafiqun ayat 4. Allah SWT berfirman:

وَاِذَا رَاَيْتَهُمْ تُعْجِبُكَ اَجْسَامُهُمْۗ وَاِنْ يَّقُوْلُوْا تَسْمَعْ لِقَوْلِهِمْۗ كَاَنَّهُمْ خُشُبٌ مُّسَنَّدَةٌ ۗيَحْسَبُوْنَ كُلَّ صَيْحَةٍ عَلَيْهِمْۗ هُمُ الْعَدُوُّ فَاحْذَرْهُمْۗ قَاتَلَهُمُ اللّٰهُ ۖاَنّٰى يُؤْفَكُوْنَ

Artinta:"Dan apabila kamu melihat mereka, tubuh mereka menjadikanmu kagum. Jika mereka bertutur kata, kamu mendengarkan perkataanya. Mereka adalah bagaikan kayu yang tersandar. Mereka mengira bahwa tiap-tiap teriakan yang keras ditujukan kepada mereka. Mereka itulah musuh (yang sebenarnya). Maka, waspadalah terhadap mereka; semoga Allah membinasakan mereka. Bagaimanakah mereka dapat dipalingkan (dari kebenaran)?"

 Tafsir Ibnu Katsir: Firman Allah SWT: وَإِذَا رَأَيۡتَهُمۡ تُعۡجِبُكَ أَجۡسَامُهُمۡ وَإِن يَقُولُواْ تَسۡمَعۡ لِقَوۡلِهِمۡ  maksudnya mereka mempunyai penampilan yang keren dan fasih saat bicara, sehingga bila ada orang yang mendengar mereka, ia akan tertarik pada ucapannya, itu karena unsur kesastraanya yang tinggi. Dengan demikian itu sebenarnya mereka ada di puncak kelemahan, kegelisahan, kekhawatiran, dan menjadi pengecut.

 Karena itu, Allah befirman: يَحۡسَبُونَ كُلَّ صَيۡحَةٍ عَلَيۡهِمۡ Maksudnya setiap kali terjadi peristiwa, hal-hal, atau ketakutan, mereka mengira dengan rasa pengecut bahwa perkara itu ditujukan kepada mereka. Mereka ini sebenarnya adalah tubuh-tubuh dan bentuk rupa yang tidak mempunyai makna. Oleh karena itu Allah berfirman yang artinya “Mereka itulah musuh [yang sebenarnya]. Maka, waspadalah terhadap mereka. Semoga Allah menghancurkan mereka. Bagaimanakah mereka dapat dipalingkan [dari kebenaran]?”) gimana mungkin mereka berpaling dari petunjuk kepada kesesatan?

Doa Agar Terhindar dari Sifat Munafik

Ketika kita sudah mengetahui ciri ciri dan dalil orang munafik diatas. Kemudian bagaimana agar terhindar dari sifat tercela tersebut? Berikut ini adalah tips berupa bacaan doa yang merupakan Sabda Nabi Muhammad SAW:

"اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ وَالْكُفْرِ ، وَالْفُسُوقِ ، وَالشِّقَاقِ ، وَالنِّفَاقِ ، وَالسُّمْعَةِ ، وَالرِّيَاءِ"

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada engkau dari kefakiran, kekufuran, kefasikan, kedurhakaan, kemunafikan, sum'ah, dan riya."

Doa ini sangat penting untuk diamalkan, karena membantu menjaga diri agar tidak terjerumus ke dalam perilaku munafik kedurhakaan, riya dan penyakit hati lainnya.

Posting Komentar untuk "Ciri dan Dalil Orang Munafik Dalam Al-Qur'an Serta Tafsirnya"