Manfaat Bunga telang Bagi Kesehetan Tubuh Efektif Mengatasi Berbagai Penyakit

Bunga telang ialah tumbuhan menjalar yang umumnya diketemukan di pekarangan rumah atau di tepi hutan. Tumbuhan yang memiliki nama latin Clitoria ternatea ini ialah berasal dari negara di Asia tropis, tetapi saat ini sudah menebar ke semua wilayah tropika. Sejak dahulu tumbuhan ini ditanam di pekarangan jadi tanaman hias.

manfaat bunga telang kesehatan


Manfaat Bunga telang ini selain dijadikan sebagai tanaman hias dipekarangan rumah ternyata bunga berwarna biru ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh dan ampuh mengobati berbagai macam penyakit. Nah, Apa saja manfaat bunga telang untuk kesehatan?

Berikut adalah beberapa manfaat bunga telang yang dipercaya dapat menyehatkan badan

Atasi Mata Minus

Tumbuhan bunga telang dipercaya dapat mengatasi penglihatan mata. Hal ini dikarenakan dalam tumbuhan tersebut terdapat proanthocyanidin yaitu senyawa yang memberikan warna biru pada bunga tersebut bermanfaat memperkuat kapiler, memperbaiki penglihatan mata. Jadi, jika air rendaman tumbuhan tersebut sangat baik dijadikan obat untuk menangani mata merah dan lainnya

Menghilangkan Gangguan Mental Depresi

Hal ini karena kadungan asam palmitat dan asam linolenat didalam ekstrak bungan telang yang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental depresi.

Membuang Racun di Sistem Pencernaan

Manfaat bunga telang lainnya adalah membantu membasmi racun yang ada di sistem pencernaan.

Anda jadikan teh bunga telang sebagai penggganti minuman biasa dengan cara seduhkan beberapa kembang telang kedalam air panas, diamkan beberapa menit hingga meresap kedalam air sebelum anda minum.

Memiliki kandungan anti-oksidan

Anti-oksidan ialah zat penting, yang dapat memproteksi sel sehat, dalam badan. Sejauh ini, beberapa periset berupaya untuk cari zat anti-oksidan, berbentuk bunga atau tumbuhan, seperti dari bunga telang.

Dalam satu studi berjudul International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, beberapa periset mengaitkan, ekstrak metanol yang dikandung bunga telang, benar-benar mempunyai potensi menjadi sumber antioksidan.

Mengobati cedera 

Khasiat bunga telang yang lain adalah untuk mengobati luka. Karena ekstrak dari biji bunga ini memiliki kandungan flavonol glikosida. Disamping itu, ekstrak didalam tumbuhan ini memiliki kandungan senyawa fenolik.

Dalam satu riset yang dilakukan pada hewan, periset memberi ekstrak biji serta tumbuhan telang, dengan dioles pada cedera. Hasilnya, proses pengobatan cedera di hewan dalam eksperimen ini, bertambah dengan signifikan.

Itu penyebabnya, beberapa periset pecaya, bahwa khasiat bunga telang juga sangat baik untuk dijadikan pengobatan cedera.

Kurangi infeksi dan Terserang kanker

Bunga telang memiliki kandungan seputar 51-52% asam oleat Umumnya, asam lemak yang sehatkan ini, diketemukan di minyak zaitun.

Beberapa studi mengatakan, asam oleat sanggup kurangi infeksi, serta mempunyai dampak positif, untuk kurangi efek terserang kanker.

Mengurangi Kolesterol 

Tanaman bunga berwarna biru yang kaya akan anti oksidan ini dipercayai dapat menangani penyakit cholesterol Jahat.

Dalam satu studi yang dilakukan pada hewan, bunga telang dapat menurunkan kandungan lemak darah (trigliserida) yang cukup signifikan.

Menstabilkan Gula Darah

Apakah bunga telang dapat menstabil gula darah? Kata Ahli Herbal, DR. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si . Ya, hal ini dikarenakan kandungan senyawa aktif  didalam bunga ini yang sifatnya dapat menstabilkan gula darah. Jadi, mirip seperti mengaktifkan insulin.

Demikianlah beberapa manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh, disamping indah dijadikan sebagai bunga hiasan dipekarangan rumah, juga dapat di seduh sebagai teh bunga telang untuk diminum sebagai obat untuk beberapa penyakit.

Posting Komentar untuk "Manfaat Bunga telang Bagi Kesehetan Tubuh Efektif Mengatasi Berbagai Penyakit"