Jumat, 01 November 2019

Selain Sebagai Bahan Makanan, 7 Manfaat Bawang Putih Ini Perlu Diketahui

Masih penasaran apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan? Ikuti saja penjelasan berikut ini


Creativebigs.com- Bawang putih atau nama latinnya disebut Allium sativum merupakan bumbu wajib masakan sehari-hari. Tak heran jika bawang putih ini selalu ada di dalam dapur setiap orang. Selain memiliki peran penting dalam masakan, ternyata bumbu dapur yang satu ini juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh lho.
khasiat bawang putih tunggal

Apa saja manfaat bawang putih selain sebagai bahan makanan?

Berikut adalah 7 manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh

1. Menurunkan Kolesterol 

Kandungan yang terdapat dalam bawang putih  ini mampu membantu menurunkan jumlah kolesterol total dan LDL atau sering disebut dengan kolesterol jahat dalam darah. Sekitar 10-15% kolesterol dalam tubuh akan turun setelah mengonsumsi bawang putih.

Untuk Anda yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi, dan sedang mencari apa obat tradisional kolesterol? konsumsilah bawang putih agar tingkat kolesterol bisa turun. Meski bumbu ini bisa menurunkan tingkat LDL, namun bawang putih  tidak memberikan efek pada kadar trigliserida.

2. Mengatasi Pilek dan Infeksi Lainnya

Bawang putih mengandung senyawa Allicin (sebagai anti bakteri) yang bisa mengatasi pilek. Nah, untuk Anda yang sedang terkena flu atau pilek segeralah konsumsi bawang putih ini untuk mengatasinya. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa bawang putih memiliki kemampuan lebih baik dalam mengatasi pilek dari pada plasebo (obat kosong).

3. Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Siapa sangka bumbu makanan ini ternyata bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut. Bukan hanya itu saja, efek antibakteri yang  terdapat dalam bawang ini juga dapat mengatasi bakteri plak gigi yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang 

Sebuah penelitian menyatakan bahwa bawang putih mampu mengurangi pengeroposan tulang. Hal tersebut sudah diuji menggunakan alat peraga yaitu tikus. Studi lain juga membuktikan bahwa dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat menurunkan defisiensi estrogen yang bisa menyebabkan gangguan tulang.

5. Bagus untuk penanganan jantung

Hal ini karena kandungan dialil trisulfida yang ada dalam minyak bawang putih mampu melindungi jantung seseorang setelah ia mengalami serangan jantung

Hal ini pernah diuji dalam sebuah penelitian terhadap tikus yang terkena serangan jantung, hasilnya menunjukkan 61% ada penurunan kerusakan jantung setelah zat dialil trisulfida tersebut diberikan pd tikus.

6. Menyembuhkan Kutu Air

Kandungan ajoene yaitu senyawa sulfur yang ada dalam bawang putih mampu mengobati kutu air atau istilah lain disebut dengan tinea pedis. Walau tidak semua jenis kulit bisa digunakan bawang putih mentah untuk mengobati kutu air.

7. Detoksifikasi Logam Berat 

Khasiat bawang putih yang tak diduga adalah dapat mendetoksifikasi logam berat. Ya, dengan mengonsumsinya secara rutin, tubuh Anda akan terlindung dari keracunan logam berat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa bawang putih ampuh mengurangi kadar timbal dalam darah hingga 19%.

Seperti itulah berbagai manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambah cita rasa yang menggugah selera, bawang putih juga bisa digunakan sebagai suplemen kesehatan. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh para ahli di bidang kesehatan. Jadi, jangan pernah ragu untuk mengonsumsi bawang putih mentah ya.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya