Sakit Kepala: Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit kepala merupakan kondisi yang mana timbul rasa sakit dibagian kepala yang hal ini sangat umum dialami oleh seseorang 

Ketika seseorang yang sedang mengalami sakit kepala terkadang banyak dari mereka tidak tahu apa penyebab dari sakitnya tersebut. Nah, diartikel kali ini kami akan mengulas beberapa diantaranya

sakit kepala
Gambar: Pixabay


Penyebab sakit kepala dan cara mengatasinya 

Salah satunya penyebab sakit kepala yang biasa dialami oleh seseorang adalah karena terlalu banyak berfikir yang negative alias negative thinking, kemudian diikuti oleh pola hidup yang salah. Untuk cara mengatasinya agar sakit tersebut tidak muncul ialah robahlah kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut.

Anda bisa pergi berlibur untuk menenangkan diri atau refreshing. Selain itu, Anda juga bisa pergi ke tempat yang disukai dan memiliki suasana yang sejuk seperti pantai dan lain-lain.

Nah, Ketika tips sehat diatas sudah anda lakukan, tetapi sakit kepala masih saja menghampiri. Itu berarti ada penyebab lain yang perlu anda ketahui

Apa Saja Penyebab Sakit Kepala dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Berikut adalah beberapa penyebab sakit kepala dan cara mengatasinya

 1. Sakit Kepala Dehidrasi 

Siapa yang menyangka bahwa dehidrasi atau yang sering disebut dengan kekurangan cairan ini ternyata penyebab sakit kepala lho. Memang belum banyak yang tahu akan hal tersebut. Sebagai informasi, 50% lebih tubuh manusia terdiri dari cairan. 

Jika asupan air dalam tubuh tidak terpenuhi, maka yang akan terjadi adalah dehidrasi dan menyebabkan sakit di kepala.

Cara mengatasinya: Memperbanyak minum air putih maksimalnya 2 liter perhari (8 gelas), dalam artian setiap tubuh anda memberikan isyarat haus itu pertanda tubuh anda sedang sangat membutuhkan air. Apabila anda mengabaikan isyarah ini maka salah satunya akan berakibat terjadi dehidrasi yang berujung kepada saki kepala.

2. Stres

Sebagian orang menganggap bahwa stres adalah penyebab sakit kepala namun, kenyataannya adalah sakit kepala akan timbul setelah stres. Sebenarnya, yang menyebabkan sakit pada bagian kepala adalah hormon yang aktif untuk melawan stres tiba-tiba menurun, yang kemudian memicu saluran darah membesar dan bereaksi. untuk mengatasi stress anda bisa melakukannya dengan cara yang simple, yaitu berfikirlah positive dan perbanyak minum air putih.

3. Pilek 

Saat Anda terkena pilek, maka secara otomatis kepala juga akan terasa nyeri atau sakit. Hal tersebut bisa terjadi karena pilek disebabkan oleh virus dan akan mengalami peradangan. Jika tubuh mengalami peradangan akibat bakteri tersebut, maka semua sendi akan sakit termasuk kepala.

Nah, untuk mengatasi dan mencegah dari sakit pilek ini, anda harus rutin mencuci tangan supaya terhindar dari kuman yang menempel dan jangan lupa rutin berolahraga dan komsumsi makanan bergizi.

4. Kurang Tidur

Kekurangan jam tidur merupakan hal yang sangat sering dialami oleh kebanyakan orang. Pada saat Anda tertidur, maka tubuh akan secara otomatis akan melakukan perbaikan. Bagian otak Anda juga akan mengalami perbaikan.

Namun, apabila jam tidur Anda berkurang alias sering bergadang maka, otak dan tubuh pun tidak bisa melakukan perbaikan dengan benar. Alhasil saat terbangun, Anda akan merasakan pusing dan sakit kepala bagian belakang. Jadi, cukupkanlah jam tidur agar otak Anda bisa beristirahat dan melakukan perbaikan.

5. Banyak Konsumsi Kafein 


Kafein memang diperlukan untuk menjaga mental dan memori agar lebih tajam. Akan tetapi bila anda mengonsumsinya lebih banyak maka akan menyebabkan pemyempitan pembuluh darah yang salah satunya menyebabkan kepada sakit kepala

Cara mengatasinya anda kurangi mengonsumsi kafein seperti terlalu banyak minum kopi dan minuman berkafein lainnya

Demikian ulasan mengenai beberapa penyebab sakit kepala yang perlu anda kenali. 

Dengan melakukan segala hal yang menyehatkan misalnya rutin olahraga, menjaga pola makanan sehat, rutin mengonsumsi buah-buahan seperti buah pisang karena dipercaya bagus atasi sakit kepala. maka dengan gaya hidup sehat semacam itu selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, Bukan hanya tubuh saja yang menjadi segar, namun kepala Anda juga akan rileks dan sehat.

Posting Komentar untuk "Sakit Kepala: Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya"